sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Selasa, 26 Mei 2020 10:03 WIB

Alasan Shaggy di What's New, Scooby Doo? seorang vegetarian

Pada 2002 karakter Shaggy pada waralaba What's New, Scooby Doo? menjadi seorang vegetarian hingga serial-serial setelahnya.

Alasan Shaggy di What's New, Scooby Doo? seorang vegetarian
Source: ScreenRant

Shaggy atau yang memiliki nama asil Norville Rogers menjadi seorang vegetarian sejak waralaba What’s New, Scooby Doo? pada tahun 2002. Karakter yang dikenal memiliki nafsu makan yang besar, selalu disandingkan dengan makanan favoritnya sandwich ham, steak, pizza, dan banyak makanan lagi dengan teman makan favoritnya, Scooby-Doo. Namun, kebiasaan itu berubah di tahun-tahun berikutnya, di mana Shaggy mulai meninggalkan daging dari menu makannya.

Dinamika Scooby dan Shaggy telah menjadi aspek sentral dari waralaba sejak dimulai pada 1969 oleh Hanna-Barbera dalam Scooby-Doo, Where Are You? Dalam seri ini, Scooby dan Shaggy biasanya mendapat masalah bersama geng Mystery Inc. Namun, hantu atau monster selalu mengejar Scooby dan Shaggy lebih dulu yang sangat penakut. Scooby dan Shaggy juga tidak bisa menolak makanan enak atau camilan larut malam, dan itu menjadi kebiasaannya.

Pada awal tahun 2000-an, waralaba Scooby-Doo banyak di-reboot menjadi film dan serial kartun yang ditayangkan di Cartoon Network. Pada 2002, What’s New, Scooby Doo? membuat perubahan pada pola makan Shaggy. Terungkap dalam satu episode, Shaggy adalah seorang vegetarian. Ini juga sekaligus menjelaskan badan kurus Shaggy.

Dilaporkan oleh ScreenRant (26/5) berdasarkan laporan ThinkProgress, keputusan ini ternyata dibuat oleh penyiar radio terkenal yang mengisi suara Shaggy yakni Casey Kasem, setelah meyakinkan para produser. Diketahui, saat itu Kasem sedang menjalankan pola makan vegan dan reputasinya dalam memperjuangkan hak-hak hewan. Dia juga merupakan musuh besar bagi industri peternakan kala itu.

Permintaan Kasem ini juga merupakan syarat dari kembalinya Kasem menyuarai Shaggy lagi. Sebelumnya, Kasem berhenti pada perannya di tahun 1990-an, lalu digantikan oleh Billy West dan Sott Innes, setelah menolak mengisi suara Shaggy untuk iklan Burger King. Lantas ketika produser memintanya kembali, Kasem menyampaikan permintaannya agar Shaggy menjadi seorang vegetarian. Bahkan setelah Kasem pensiun, Shaggy tetap mengikuti diet vegetarian Kasem seperti dalam Scooby-Doo and Guess Who? Juga versi live-action Shaggy yang diperankan oleh Matthew Dillard saat memakan burger vegetarian di Scooby-Doo: The Movie.

Meskipun ini hanyalah perubahan kecil pada Shaggy yang menjadi vegetarian, namun perubahan tersebut meninggalkan jejak Casey Kasem pada karakter ikon Hanna-Barbera tersebut. Pengaruh Kasem telah melekat pada karakter Shaggy mengingat dirinya telah mengisi suara karakter tersebut selama beberapa dekade. Suara Shaggy adalah satu faktor yang membuat waralaba itu bisa sepopuler hingga saat ini.

Share
×
img
×
tekid
back to top