3 profesi baru yang lahir di era internet

Imbas dari perkembangan teknologi memunculkan profesi-profesi baru. Apa saja?

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, ternyata memunculkan profesi-profesi baru. Seperti Social Media Strategist, Content Marketing, dan Digital Influencer. Sayangnya, sebagian orang masih belum mengetahui tentang ketiga profesi tersebut. Inilah tiga profesi yang muncul karena perkembangan teknologi.

1. Social Media Strategist

Meski baru populer dalam waktu tiga tahun belakangan di Indonesia, profesi ini cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang. Pasalnya, perusahaan skala kecil hingga besar menengah membutuhkan seorang social media strategist.

Seorang social media strategist harus dapat merancang strategi pemasaran, membuat konten sekaligus mengelola akun media sosial perusahaan agar dapat meningkatkan web traffic dan membuat masyarakat semakin sadar akan sebuah brand.

Selain itu, memiliki kemampuan multitasking yang baik sekaligus dapat selalu berpikir kreatif juga sangat diperlukan guna dapat menangani semua akun media sosial yang dikelola secara baik serta selaras dengan strategi perusahaan juga.

2. Content Marketing

Content Marketing juga termasuk dalam sebuah profesi yang muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi. Teknik pemasaran sangat diperlukan dalam profesi ini, sebab dengan menciptakan konten yang bagus secara relevan dan konsisten dapat menarik perhatian pelanggan dan sadar akan brand yang dikelola.

Terdapat beberapa jenis konten yang dibuat seorang Content Marketing, seperti video, infografis, podcasts, buku, web pages, dan lainnya.

Selain itu, seorang Content Marketing juga dituntut harus dapat membuat konten yang diinginkan pelanggan. Dengan mengetahui apa yang dipikirkan pelanggan, seorang Content Marketing akan dapat membuat struktur konten yang baik untuk pelanggan.

3. Digital Influencer

Seiring berjalannya waktu di era digital ini, membuat profesi seperti Digital Influencer menjadi profesi yang diidamkan sebagian orang. Bukan hanya karena dianggap profesi yang keren, namun menjadi Digital Influencer memiliki pengaruh yang besar dan juga dapat memperoleh penghasilan yang tinggi. Media sosial, seperti Blog, Instagram, dan YouTube kini menjadi wadah para Digital Influencer untuk berkarya.

Yang harus dilakukan para Digital Influencer adalah mempublikasikan foto, video, atau konten yang memiliki nilai menarik bagi para pengikutnya. Selain itu, seorang Digital Influencer juga harus konsisten dalam menerbitkan kontennya. Dengan melakukan hal-hal tersebut, seorang Digital Influencer akan mendapatkan banyak follower. Bahkan, juga dapat membuat banyak brand ingin memasarkan produknya melalui mereka.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: