YouTube mulai bagi pendapatan iklan Shorts pada 1 Februari

Oleh: Erlanmart - Selasa, 10 Jan 2023 13:11 WIB

YouTube dikabarkan akan mulai berbagi pendapatan iklan dengan kreator Shorts pada tanggal 1 Februari 2023.

Program bagi hasil YouTube yang telah lama ditunggu-tunggu untuk kreator Shorts hampir siap. Baru-baru ini, perusahaan meluncurkan perjanjian Partner Program baru sebelum tanggal 1 Februari, saat kreator dapat mulai memperoleh pendapatan berbagai iklan dari tayangan Shorts mereka. Konten kreator memiliki waktu hingga 10 Juli untuk menerima persyaratan Partner Program YouTube yang baru.

Sebagai bagian dari perubahan, perusahaan itu memperkenalkan “Monetization Modules” baru untuk memberi kreator lebih banyak fleksibilitas tentang cara mereka menghasilkan uang di YouTube – meskipun perusahaan merekomendasikan menerima semuanya untuk membuka potensi penghasilan penuh di platform tersebut.

Dilansir dari Engadget (10/1), kreator dengan setidaknya 1.000 subscriber dan lebih dari 10 juta penayangan di Shorts selama periode 90 hari dapat mendaftar untuk Program Partner. Kemudian, mereka harus menerima “Shorts Monetization Module” yang baru.

Dengan diluncurkannya bagi hasil Shorts, YouTube mencatat bahwa dana kreator sebesar USD100 juta akan dihapus. Namun, perusahaan itu mengharapkan sebagian besar penerima dana memperoleh lebih banyak melalui bagi hasil daripada yang mereka dapatkan dari dana tersebut.

Rumus yang telah dirancang YouTube untuk menentukan berapa banyak yang akan dihasilkan oleh setiap kreator untuk video Shorts mereka rumit karena keterlibatan lisensi musik. Saat pengguna YouTube menonton Shorts, perusahaan akan menampilkan iklan di antara klip di Shorts Feed. YouTube mengatakan uang yang dihasilkan oleh iklan tersebut akan digunakan untuk membayar perusahaan dan pembuat lisensi musik melalui shared pool yang akan dibagikan perusahaan pada akhir setiap bulan.