XL: Streaming jadi pilihan warga rayakan Nataru

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 03 Jan 2023 18:23 WIB

XL laporkan lonjakan jumlah pengguna streaming selama Natal dan Tahun Baru, keseluruhan trafik data melonjak 50 persen.

Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 telah berakhir. Seperti Lebaran dan hari libur besar lainnya, masyarakat menggunakan perangkat mereka untuk melakukan panggilan atau menggunakan perangkat mereka untuk mencari hiburan.

Ternyata, dalam sebuah laporan yang baru saja diumumkan oleh XL Axiata, mereka kembali melihat adanya lonjakan pengguna layanan mereka pada libur Nataru. Mereka mengungkapkan adanya peningkatan trafik data hingga 50 persen.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (3/1), XL Axiata melaporkan penggunaan trafik data di 2023 ini meningkat hingga 29 persen. Sedangkan dibandingkan dengan trafik data normal, ada peningkatan sekitar 8 persen.

Mereka juga melaporkan bahwa peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal. Dari semua hal yang dapat dilakukan pengguna, lonjakan trafik terjadi pada layanan streaming.

Namun uniknya, trafik layanan legacy yakni percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.