XL Axiata dan Indosat Ooredoo optimalkan jaringan selama social distancing

Oleh: Lely Maulida - Senin, 16 Mar 2020 18:44 WIB

XL Axiata menyatakan kesiapannya mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona.

XL Axiata menyatakan kesiapannya mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona. Operator seluler ini telah menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Selain itu XL Axiata juga menyatakan siap meningkatkan kapasitas jaringan jika terjadi peningkatan trafik yang signifikan.

Area-area perkotaan dan wilayah sekitarnya yang menjadi pusat bisnis dan lokasi tempat tinggal karyawan,  mendapatkan perhatian XL Axiata terkait layanan untuk aktivitas bekerja dari rumah. Perhatian juga diberikan di area-area sekitar kampus di mana kuliah daring dilakukan.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Peningkatan trafik memang mulai terlihat seiring dengan terus meningkatnya pembicaraan mengenai wabah virus Corona di Indonesia dalam beberapa hari terakhir, yang kemudian mulai berkembang wacana untuk bekerja dari rumah dan juga diliburkannya sekolah di berbagai provinsi. Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan Whatsapp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa.”

Selebihnya, XL Axiata akan memastikan kualitas jaringan terjaga di semua wilayah layanan mengingat saat ini kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan internet juga meningkat. Gede Darmayusa memperkirakan trafik berpotensi meningkat hingga 10% - 15% dibandingkan hari-hari biasa.   

Selain XL Axiata, Tri Indonesia juga memastikan semua produk dan layanannya senantiasa tersedia dan dapat diandalkan, sehingga masyarakat dapat dengan lancar melakukan aktivitas seperti pada hari-hari biasanya secara online dari rumah.