Sambut Natal dan Tahun Baru, XL Axiata tingkatkan kapasitas jaringan 2x lipat

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 18 Des 2020 09:50 WIB

Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10% dibandingkan hari biasa.

Jelang Hari Natal dan Tahun Baru (NARU), biasanya terjadi peningkatan aktivitas komunikasi yang berjalan di atas jaringan telekomunikasi. Trafik di hari tersebut bahkan biasnaya lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di Hari Natal dan tahun baru, XL Axiata memastikan kesiapan jaringan perusahaan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, di sepanjang libur akhir tahun di mana kedua hari besar tersebut berada, trafik layanan, terutama data selalu meningkat secara signifikan. Pada dua tahun terakhir, trafik data meningkat hingga 15 %. Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10% dibandingkan hari biasa.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, kami tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi. Kapasitas jaringan yang kami sediakan sebesar 2x. Kami perkirakan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa. Masyarakat akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melalukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming. Begitu juga untuk mengisi libur panjang hingga akhir tahun, selain bepergian, masyarakat luas kemungkinan akan mengisi masa libur panjang dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Meski di tengah pandemi, lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata. Begitu pula dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api. Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada November - Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap.

Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta - Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang. Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung. Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu diatas 95 % telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 % bersinyal kuat.