Xiaomi patenkan sistem kamera miring

Oleh: Erlanmart - Selasa, 25 Agst 2020 10:16 WIB

Xiaomi menyatakan bahwa paten tersebut membutuhkan dua buah sensor kamera dengan sudut pandang sempit.

Source: Gizmochina via Lets Go Digital

Belum lama ini Xiaomi merayakan ulang tahun ke-10 dengan meluncurkan empat produk baru termasuk Mi 10 Ultra. Ponsel ini menawarkan kemampuan kamera yang sangat baik sehingga mengalahkan tahta Huawei P40 Pro  di situs pengujian kamera DXOMark. Kini perusahaan asal Tiongkok tersebut mengajukan paten sensor kamera miring (tilting camera).

Dilansir dari Gizmochina (25/8), paten utilitas “Modul kamera dan terminal” tersebut diajukan oleh Beijing Xiaomi Mobile Software dengan United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada Oktober 2019. Paten tersebut disetujui dan dipublikasikan dalam database World Intellectual Property Office (WIPO) pada tanggal 30 Juli 2020.

Pada saat yang sama, Xiaomi bahkan mengajukan permohonan paten yang disebut “perakitan dan terminal kamera”, merinci penerapan paten utilitas yang sebelumnya telah disebutkan di atas ponsel.

Xiaomi menyatakan bahwa paten tersebut membutuhkan dua buah sensor kamera dengan sudut pandang sempit. Kedua sensor ini dapat ditempatkan secara horizontal atau vertikal dan dapat berputar (miring) secara bersamaan satu sama lain untuk memperluas sudut pandang. Hasil gambar dari solusi ini menjanjikan kualitas gambar lebih baik tanpa gangguan distorsi dibandingkan dengan lensa sudut lebar konvensional.

Sebagai informasi, Samsung juga pernah mematenkan solusi serupa pada Desember 2019 lalu, dua bulan setelah paten Xiaomi dan mendapat persetujuannya pada bulan Juni 2020. Namun, paten dari Samsung tersebut membutuhkan komponen yang terdiri dari lima atau enam kamera, termasuk satu unit kamera telefoto.