Xiaomi naik peringkat di Fortune Global 500

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 03 Agst 2021 17:55 WIB

Nama Xiaomi kembali muncul dalam Fortune Global 500, daftar 500 perusahaan terbaik dunia. Ini merupakan ketiga kalinya Xiaomi masuk dalam daftar tersebut.

Nama Xiaomi kembali muncul dalam Fortune Global 500, daftar 500 perusahaan terbaik dunia. Ini merupakan ketiga kalinya Xiaomi masuk dalam daftar tersebut dengan kenaikan pesat hingga 84 peringkat dari posisi ke-422 pada 2020 ke peringkat 338. Pencapaian ini menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di kategori Internet dan Ritel dalam daftar Fortune Global 500 tahun ini.

CEO dan pendiri Xiaomi Lei Jun mengatakan dirinya memilih untuk fokus kepada potensi pertumbuhan perusahaan. Xiaomi masih merupakan perusahaan yang sangat muda namun ambisius, serta penuh motivasi. Lei Jun mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Xiaomi Fans di seluruh dunia karena dukungan yang tak tergoyahkan telah membantu membuat Xiaomi begitu hidup dan energik.

“Saya yakin bahwa semua orang akan melihat Xiaomi yang lebih kuat dan lebih besar di masa depan, dan kami akan mencapai rekor yang jauh lebih mengagumkan di daftar Fortune Global 500 tahun depan," kata Lei Jun.

Mengutip laporan keuangan Xiaomi, pendapatan selama tahun 2020 seluruhnya mencapai 245,9 miliar yuan dan menjadikannya berada di posisi 422 pada daftar Fortune Global 500. Di  2021, Xiaomi memanfaatkan momentum pertumbuhan dengan baik untuk menunjukkan lonjakan pendapatan dan laba bersih secara signifikan hingga melampaui ekspektasi pasar. Kuartal pertama 2021 ditutup dengan total pendapatan mencapai 76,9 miliar yuan menggambarkan pertumbuhan sebesar 54,7% year-on-year (YoY) sementara laba bersih mencapai 6,1 miliar yuan, atau naik 163,8% YoY.

Pertumbuhan ini tidak lepas dari pijakan di pasar smartphone kelas high-end, ekspansi di pasar internasional, dan pembaharuan dari bisnis ritel perusahaan. Fokus yang dicurahkan Xiaomi kepada pengembangan teknologi mampu menghasilkan user experience yang ditingkatkan dan memperkokoh posisi di segmen high-end melalui seri Mi 10 dan Mi 11. Pada Q1 2021, pengapalan smartphone global dengan harga 3.000 yuan atau lebih di China dan seharga 300 euro di pasar internasional mencapai 4 juta unit.