Windows 11 bermasalah dengan AMD, Microsoft siap rilis pembaruan

Oleh: Erlanmart - Kamis, 07 Okt 2021 10:17 WIB

Beberapa gim, yang khusus digunakan untuk esport, mungkin mengalami penurunan performa hingga 15 persen.

Transformasi yang paling ditunggu-tunggu dan terbesar dari Microsoft akhirnya meluncur secara resmi. Windows 11 sudah tersedia untuk pengguna. Namun satu-satunya pengguna yang kurang beruntung dengan Windows 11 adalah mereka yang menggunakan perangkat dengan basis prosesor AMD Ryzen. Perusahaan tersebut telah melaporkan bahwa chip AMD dapat menghadapi penurunan performa hingga 15% dalam beberapa kasus.

Rupanya, ada dua masalah yang mengganggu pemilik perangkat bertenaga AMD dengan Windows 11. Masalah pertama adalah Windows 11 dapat melipatgandakan latensi cache L3. AMD percaya bahwa ini dapat menyebabkan penurunan performa 3% hingga 5% dan beberapa gim, yang khusus digunakan untuk esport, mungkin mengalami penurunan performa hingga 15%.

Dilansir dari Gizmochina (7/10), masalah kedua menyasar kepada teknologi “inti pilihan” AMD, yang biasanya bertujuan untuk mengalihkan thread ke inti tercepat pada prosesor. AMD telah memperingatkan pengguna lebih dari 8 inti mengenai TDP dimana masalah performa lebih terlihat.

Kabar baiknya adalah AMD dan Microsoft sudah mengetahuinya dan telah menyatakan mereka “secara aktif menyelidiki masalah yang diketahui ini untuk resolusi melalui pembaruan software.”

Ada dua pembaruan, yaitu pembaruan Windows dan pembaruan software, yang disiapkan untuk akhir bulan ini untuk menyelesaikan masalah yang sedang berlangsung. Sementara itu, tetap menggunakan Windows 10 tampaknya menjadi satu-satunya pilihan yang tepat.