WhatsApp untuk iPhone punya sederet fitur baru

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 08 Mei 2018 09:26 WIB

Fitur utama dari pembaruan kali ini yaitu mode Picture in Picture (PiP) yang telah lama dinanti-nantikan pengguna

WhatsApp baru saja merilis pembaruan untuk aplikasi versi iOS. Beberapa fitur baru yang menyertai update ini ditujukan bagi sebagian pengguna WhatsApp di Eropa. Sementara fitur lainnya hadir bagi semua pengguna iPhone.

Fitur utama dari pembaruan kali ini yaitu mode Picture in Picture (PiP) yang telah lama dinanti-nantikan pengguna. Dalam mode PiP, untuk saat ini WhatsApp mendukung dua layanan (Instagram dan Facebook), dan pengguna bisa memutar video yang diterima tanpa harus keluar dari aplikasi.

Pengguna juga tetap bisa menonton video sembari menavigasi obrolan lain dan membagikan komentar Anda atas video tersebut. Akan tetapi fitur ini kemungkinan tak bisa digunakan oleh semua pengguna di Eropa. Sebagaimana diketahui, regulator setempat telah menerapkan kebijakan terkait batasan minimal usia pengguna WhatsApp menjadi 16 tahun.

Artinya jika Anda tinggal di Eropa, Anda harus mengonfirmasi bahwa usia Anda layak menggunakan WhatsApp, dengan usia minimal 16 tahun. Kebijakan ini merupakan upaya perusahaan untuk mematuhi aturan baru yang diberlakukan oleh Uni Eropa. 

Fitur baru lainnya yaitu kemampuan admin grup untuk menghapus hak admin dari anggota lain, dengan asumsi Anda merupakan sang admin grup. Cara menggunakannya hanya dengan memilih opsi "Dismiss As Admin" pada menu yang tersedia di Info Grup. Tak hanya itu, admin grup kini juga memiliki kemampuan untuk memilih siapa yang bisa mengubah subjek, ikon maupun deskripsi grup. Fitur ini bisa Anda temukan dalam pengaturan grup.