WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch kampanyekan Literasi Digital Nasional

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Rabu, 17 Mar 2021 17:29 WIB

Lawan disinformasi Covid-19, WhatsApp bersama Kominfo dan ICT Watch hadirkan kampanye Literasi Digital Nasional.

Source: WhatsApp

WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch, telah meluncurkan kampanye Literasi Digital yang akan berlangsung setahun. Kampanye ini ditujukan untuk melawan penyebaran disinformasi sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan data pribadi. Salah satu program dalam kampanye ini adalah pelatihan bagi lebih dari 20.000 orang di pelosok Indonesia, mulai dari siswa, guru, orang tua, hingga komunitas-komunitas lokal serta para pelaku UMKM.

Kampanye ini diharapkan dapat membekali masyarakat Indonesia dengan cara menjaga privasi dan keamanan mereka dalam ranah daring. Selain itu, edukasi cara mengidentifikasi hoaks, terutama terhadap isu seputar Covid-19, juga menjadi fokus dari program ini guna terus mendukung upaya pemerintah menangani pandemi. 

“Pandemi telah memaksa kita untuk bermigrasi, termasuk untuk bisnis dan sekolah, dari luring ke ranah daring. Namun, akselerasi digitalisasi juga berpengaruh terhadap isu privasi dan perlindungan data pribadi serta disinformasi, termasuk yang berkaitan dengan Covid-19 dan vaksinasi. Oleh karena itu, pengetahuan dan keterampilan digital sangat diperlukan agar masyarakat Indonesia dapat berkembang di era ini, dan kami berharap akan ada lebih banyak inisiatif seperti yang dilakukan oleh WhatsApp dan ICT Watch di masa mendatang," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel A. Pangerapan. 

Terdapat lima program utama yang menjadi landasan kampanye ini, yaitu Roadshow Seminar & Lokakarya Literasi Digital, Kelas Daring, Gerakan Kaum Muda Anti Hoaks Covid-19, serta Serial Video dan Siniar (Podcast). Di tahun ini, kampanye dimulai dengan peluncuran Roadshow Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan di Belitung, Bangka Belitung. 

Diketahui WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch akan mengunjungi 12 kota baru sepanjang roadshow tahun ini. Dengan tambahan kota-kota baru ini, program Roadshow Literasi Digital ditargetkan menjangkau total 31 kota di Indonesia pada akhir tahun ketiga kemitraan.