Waspada penipuan giveaway PlayStation 5

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 10 Apr 2021 12:06 WIB

Para penipu memanfaatkan stok PlayStation 5 yang semakin menipis akibat pandemi. Berikut cara menghindari umpan phishing mereka.

Photo by Kerde Severin from Pexels

Pada November lalu, Sony telah menjual konsol terbaru mereka, PS5. Namun masih banyak pembeli yang berharap mendapatkannya dengan mudah. Akibat mengalami kekurangan chip, Sony tidak dapat mengimbangi permintaan.

Sementara itu, para penipu online bergerak untuk memanfaatkan keramaian dengan menawarkan kesempatan untuk memenangkan konsol tersebut. Berikut adalah penjelasan peneliti Kaspersky tentang skema phishing terkait PS5.

Seperti kebanyakan phishing, pemeriksaan yang cermat akan dapat mengungkap hal mencurigakan. Email phishing berisi penawaran untuk kesempatan memenangkan PS5. Sedangkan pengirim di balik tampilan email tidak jelas keasliannya.

Hal yang mencurigakan lainnya adalah persyaratan dan ketentuan yang menyebutkan (huruf sangat kecil di bagian bawah pesan yang kerap tidak terbaca oleh kebanyakan orang) perusahaan yang sama sekali berbeda, misalnya toleadoo GmBH. Di mana perusahaan ini adalah benar-benar ada di Jerman sehingga mendapatkan banyak keluhan dari para korban.

Cetakan kecil itu juga menyebutkan “Syarat dan Ketentuan Kompetisi”, tetapi tidak ada tautan menuju ke sana. Sekali lagi, kita harus selalu memerhatikan sejumlah elemen yang mencurigakan, dan inkonsisten dalam bahasa. Selanjutnya, para peyelenggara meminta korban untuk mendaftarkan alamat email.