USB-C vs. Lightning, kabel mana yang lebih baik?

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 18 Sep 2023 12:02 WIB

Dengan diluncurkannya iPhone 15, perusahaan pertama kali melepaskan port Lightning pada ponsel, menggantinya dengan USB-C.

USB-C dan Lightning merupakan kabel pengisi daya paling populer di pasaran, khususnya bagi perangkat seluler. Kedua kabel ini berfungsi tidak hanya untuk mengisi daya, tetapi juga mentransfer data.

Perbedaan signifikan dari USB-C dan Lightning adalah model perangkat yang menggunakannya. USB-C sudah sangat familiar bagi pengguna ponsel Android. Kabel ini juga menjadi standar untuk perangkat elektronik lainnya, seperti TWS dan tablet.

Sementara itu, Lightning merupakan kabel pengisi daya khusus untuk iPhone. Kabel milik Apple ini mendukung semua jajaran seri iPhone sejak tahun 2012.

Namun dengan diluncurkannya iPhone 15, perusahaan pertama kalinya melepaskan port Lightning pada ponsel, menggantinya dengan USB-C.

Hal ini dilakukan guna mematuhi peraturan EU yang mewajibkan setiap produsen ponsel menggunakan kabel jenis tersebut. Lantas, apa saja perbedaan antara USB-C dan Lightning? Manakah kabel yang lebih baik? Berikut rinciannya.