Uji coba Wi-Fi 7, kecepatan transfer tembus 5 Gbps

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 09 Sep 2022 17:04 WIB

Intel dan Broadcom mengatakan, kehadiran Wi-Fi generasi ke-7 alias Wi-Fi 7 akan hadir secara umum dalam waktu dekat ini.

Intel dan Broadcom baru saja mendemonstrasikan kehebatan dari teknologi Wi-Fi generasi ke-7 alias Wi-Fi 7 secara terbatas. Teknologi ini menghadirkan kecepatan transfer data dan kestabilan jaringan yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Dalam demonstrasi kali ini, Intel menggunakan prosesor Intel Core dengan menggunakan solusi Wi-Fi 7. Perangkat ini kemudian dihubungkan dengan access point Broadcomm Wi-Fi 7, dimana menawarkan kecepatan over-the-air lebih dari 5 Gigabit per detik.

“Kami bangga telah menunjukkan bagaimana Wi-Fi 7 generasi terbaru bisa memberikan pengalaman mobile PC yang baru. Kolaborasi industri sangat esensial untuk memastikan bahwa kami dapat memenuhi janji dari teknologi nirkabel terbaru ini,” ujar Intel Fellow and Wireless CTO, Client Computing Group, Intel, Carlos Cordeiro.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para kolega kami di Broadcom atas kerja sama teknis mereka yang luar biasa, yang membantu untuk mewujudkan demonstrasi Wi-Fi 7 berkecepatan sangat tinggi dan berlatensi sangat rendah, yang belum pernah ada sebelumnya ini.”

Di sisi lain, vice president, Wireless Connectivity Division, Broadcom, Vijay Nagarajan mengatakan bahwa pencapaian hari ini mengirimkan pesan yang jelas, yaitu ekosistem sudah siap dan Wi-Fi 7 sudah hadir untuk memberikan kapasitas luar biasa dan kecepatan super cepat untuk memperluas gigabit broadband. 
“Komunikasi dengan latensi rendah dan andal yang disediakan oleh Wi-Fi 7 adalah elemen kunci dari visi Broadcom untuk menghubungkan segala sesuatu ketika Internet berkembang ke iterasi berikutnya yang penuh dengan pengalaman yang imersif. Kolaborasi industri adalah kunci untuk mewujudkan konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan kami senang bekerja sama dengan Intel untuk mencapai sesuatu yang perdana di industri.”