Traveloka rilis destinasi wisata paling diminati di Indonesia

Oleh: Erlanmart - Jumat, 18 Des 2020 17:59 WIB

Pada bulan November-Desember ini Bali menjadi provinsi yang paling favorit dan diminati untuk berwisata termasuk sebagai destinasi staycation dan road trip

Ilustrasi: Te Lensfix via Pexels

Indonesia adalah adalah negara maritim, yang secara otomatis memiliki banyak pulau. Gugusan pulau di tanah air terhampar dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, Indonesia kaya akan tempat wisata. Peningkatan tren berwisata di Indonesia bisa diketahui salah satunya dengan melihat jumlah pencarian kata-kata kunci terkait ‘traveling’ di mesin pencarian.

Mengulik data dari Google Trends, pada bulan November-Desember ini Bali masih menjadi provinsi yang paling favorit dan diminati untuk berwisata termasuk sebagai destinasi staycation dan road trip. Berdasarkan data internal Traveloka juga turut menyebutkan Bali sebagai salah satu destinasi paling diminati di bulan Desember 2020.

Selain tujuan Pulau Dewata tersebut, destinasi domestik yang populer di bulan ini yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Puncak, Yogyakarta, dan Malang. Berikut adalah uraian tren destinasi paling dicari bulan ini berdasarkan data dari Google Trends:

1. Bali

Tidak hanya bagi pelancong domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor hingga kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini bisa dilihat dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mengenai Bali yang mencapai 83% pada bulan September. Sejak pariwisata Bali dibuka secara resmi akhir Juli lalu, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi wisata. Beberapa kabupaten yang menjadi incaran para wisatawan adalah Gianyar, Tabanan, Karangasem, Badung, dan Buleleng.