Trafik Telkomsel melonjak 39% di momen tahun baru

Oleh: Lely Maulida - Senin, 06 Jan 2020 17:47 WIB

Dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2018/2019, trafik layanan data di pergantian tahun baru 2020 melonjak sekitar 39%.

Pada momen pergantian tahun Telkomsel mencatat tercatat trafik layanan data atau payload mencapai 23,9 petabyte atau meningkat sekitar 16% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019. Sementara itu dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2018/2019, trafik layanan data kali ini melonjak sekitar 39%.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatera Utara dan Bali. Secara lebih rinci, Nusa Tenggara mengalami peningkatan sekitar 24% dan 23% dibandingkan hari normal, diikuti Papua - Maluku (23%) dan Jawa Tengah (21%).

“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru. Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial yang mencapai sekitar 36%. Pelanggan juga dengan menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sekitar 26%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17% terhadap penggunaan layanan data.

Untuk layanan suara dibandingkan dengan trafik pada hari normal, mengalami penurunan sekitar 3% menjadi 1.12 miliar menit. Sementara itu trafik layanan SMS masih mengalami kenaikan sekitar 9% menjadi 595 juta SMS.