Tangkal serangan digital, ini tips siapkan lingkungan cloud yang aman

Oleh: Litalia Putri - Jumat, 26 Agst 2022 12:09 WIB

Lingkungan cloud yang aman dapat membantu pengguna untuk menangkal berbagai risiko serangan digital.

Flickr

Di era digital seperti sekarang, keamanan siber (cyber security) menjadi salah satu hal yang penting untuk dibahas. Sebab, keamanan merupakan bagian terpenting untuk setiap pengguna internet agar data pribadi personal ataupun perusahaan dapat terjaga. 

Bahkan, dengan semakin banyaknya pekerjaan hybrid atau jarak jauh yang diadopsi oleh berbagai perusahaan global saat ini, keamanan digital menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, berbagai aktivitas berlangsung melalui internet ini memungkinkan potensi adanya serangan siber. 

Berdasarkan survey Cybersecurity Exposure Index (ICE) tahun 2020, kejahatan siber di Indonesia masih mencapai 0,62 persen. Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata global yang hanya berkisar 0,54 persen. Sementara laporan dari National Cyber Security Index (NCSI) mengungkap, cyber security Indonesia masih berada di peringkat 6 untuk ASEAN dan peringkat 83 untuk skala global. 

Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia mengatakan, kondisi tersebut membuat keamanan menjadi prioritas utama bagi banyak bisnis yang menjajaki peluang ekonomi digital global. Ia menambahkan, hal ini dilakukan dengan membangun lingkungan cloud yang aman dan andal agar mampu menangkis serangan siber, bahkan untuk yang paling tangguh sekalipun. 

“Di era digital saat ini, diskusi tentang praktik terbaik keamanan siber menjadi hal yang penting untuk dibahas. Oleh karenanya, saya ingin berbagi beberapa pemikiran tentang cara membuat lingkungan cloud yang aman,” ujar Eggy melalui keterangan resmi yang diterima redaksi Tek.id (26/8).