Tips selamatkan ponsel yang terendam air

Oleh: Dinda Rahmawati - Selasa, 01 Sep 2020 17:50 WIB

Ketika ponsel Anda terendam air, hal yang Anda harus lakukan pertama kali adalah jangan panik, segera keringkan ponsel, dan jangan digoyang-goyang.

Tidak perlu panik saat ponsel kalian terendam air, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan akibat ponsel yang terendam air. Khususnya untuk ponsel keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan komponen tahan air, mengurangi dampak kerusakan yang diakibatkan oleh air di dalam ponsel.

Namun, ada beberapa kesalahan yang mengakibatkan kondisi ponsel semakin parah akibat penanganan yang tidak tepat. Hal ini akan berdampak terhadap kerusakan komponen penting yang membuat ponsel mati total atau tidak bekerja secara maksimal.

Pertama-tama matikan ponsel terlebih dahulu

Segera angkat ponsel yang jatuh ke dalam air meskipun jatuh ke dalam toilet untuk menghindari air yang masuk lebih banyak. Jangan panik dan menggoyangkan ponsel karena dikhawatirkan air akan masuk lebih dalam dan mengenai komponen yang penting. Segera matikan ponsel dan keringkan dengan handuk, baju, atau tisu.

Ponsel yang masih dalam keadaan menyala akan berdampak pada beberapa komponen yang dapat merusak ponsel kalian. Jika saat diangkat ponsel sudah mati, jangan men-charge ponsel dalam keadaan basah dan usahakan untuk mengeringkan ponsel terlebih dahulu baru mulai menyalakan ponsel.