Tips hemat kuota data saat pakai Instagram hingga Google Meet

Oleh: Lysti Rahma - Senin, 20 Des 2021 13:54 WIB

Meskipun ada persamaan dan perbedaan antara perangkat Apple dan Android, berikut Tek.id rangkum cara hemat data internet di Android dan Apple. 

Source: Unsplash

Seiring berkembangnya konektivitas Internet, skema harga jual kuota internet juga berkembang. Dengan adanya layanan streaming video dan juga platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok yang telah menyertakan konten video sebagai daya tarik utamanya, membuat pengguna semakin sulit untuk mengurangi penggunaan data internet di smartphone.

Kehabisan paket kuota data di saat genting adalah momok bagi para pengguna smartphone. Yang menyebalkan, kuota internet sering kali terpakai tanpa disadari. Selain aktif menghindari konten berukuran besar saat tidak tersambung dengan Wi-Fi, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk menghemat pemakaian data internet di smartphone.

Dirangkum dari Technorms, meskipun ada persamaan dan perbedaan antara perangkat berbasis Apple dan Android, berikut Tek.id berikan cara mengurangi komsumsi data internet di Android dan Apple. 

1. Cara menghemat data WhatsApp

Terdapat tiga cara menghemat data WhatsApp yang bisa pengguna lakukan. Pertama, dengan mengurangi konsumsi data saat panggilan suara atau video. Kedua, yakni menonaktifkan fitur unduh otomatis untuk setiap media yang pengguna terima. Sedangkan ketiga yakni menonaktifkan fitur backup data. Lebih lengkap, begini langkah-langkah untuk mengaktifkan setiap fitur di atas.