Tips hapus email lama pada akun Google

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 26 Mei 2020 13:26 WIB

Hanya dengan menghapus email lama dan yang memiliki attachment besar, kita dapat membebaskan penyimpanan di akun Google kita.

Berkirim dan menerima email saat ini menjadi salah satu hal yang sering dilakukan selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menggunakan email untuk berkirim pesan satu dengan yang lainnya.

Namun, salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kapasitas penyimpanan cloud mereka yang semakin menipis. Google misalnya memberikan penyimpanan cloud sebesar 15GB secara gratis kepada para pengguna.

Hal inilah yang saya rasakan selama WFH dua bulan terakhir ini. Jumlah email yang saya miliki, baik di inbox maupun sent item sudah mencapai jutaan buah. Dan saat saya cek, Gmail saya sudah terisi 70 persen dari total penyimpanan yang ada.

Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memilah email untuk dihapus. Cara pertama yang biasanya saya lakukan adalah menghapus email yang sudah berusia diatas 2 tahun. Lalu, bagaimana mencarinya?

Di bagian atas Gmail terdapat kotak pencarian. Nah, kita bisa menyortir email yang sudah diatas 2 tahun dengan mengetikkan older_than:2y. Kalian juga bisa mengganti angkanya misalnya menjadi 1 tahun atau 3 tahun.