Tiongkok kucurkan dana USD40 miliar untuk tingkatkan sektor semikonduktor

Oleh: Erlanmart - Rabu, 06 Sep 2023 14:03 WIB

Area utama fokus investasi akan mencakup mesin-mesin mutakhir untuk fabrikasi chip, yang menekankan tekad Tiongkok untuk mencapai swasembada produksi semikonduktor.

Dalam upaya untuk menjembatani kesenjangan teknologi dengan Amerika Serikat, Tiongkok akan meluncurkan dana investasi baru yang didukung negara, dengan menargetkan pendanaan sebesar $40 miliar untuk sektor semikonduktornya. Inisiatif ambisius ini siap menjadi yang terbesar di antara trio dana yang dikelola oleh Dana Investasi Industri Sirkuit Terpadu Tiongkok, yang dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai “Big Fund.”

Berbeda dengan dana pendahulunya pada tahun 2014 dan 2019, yang masing-masing mengumpulkan dana sebesar 138,7 miliar yuan dan 200 miliar yuan, dana baru ini bertujuan untuk mengumpulkan dana sebesar 300 miliar yuan, sebagaimana dikonfirmasi oleh perkiraan pemerintah.

Dilansir dari Gizmochina (6/9), pihak berwenang Tiongkok telah memberikan persetujuan untuk pembentukan dana baru ini, dengan kementerian keuangan Tiongkok berkomitmen untuk menyediakan 60 miliar yuan. Namun, identitas kontributor lainnya masih dirahasiakan karena diskusi dilakukan secara rahasia.

Area utama fokus investasi akan mencakup mesin-mesin mutakhir untuk fabrikasi chip, yang menekankan tekad Tiongkok untuk mencapai swasembada produksi semikonduktor. Tujuan ini menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena penerapan langkah-langkah kontrol ekspor yang ketat oleh AS, dengan alasan kekhawatiran bahwa Tiongkok mungkin memanfaatkan teknologi chip canggih untuk meningkatkan kemampuan militernya.

Sebagai langkah yang dapat semakin mengintensifkan persaingan global, Amerika Serikat mengumumkan sanksi komprehensif pada bulan Oktober lalu, yang membatasi akses Tiongkok terhadap mesin manufaktur chip yang canggih. Sekutu AS seperti Jepang dan Belanda juga mengambil tindakan serupa.