Tiongkok akan punya mata uang crypto sendiri

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 17 Sep 2019 13:18 WIB

Beberapa bocoran mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok sudah siap untuk meluncurkan mata uang crypto mereka sendiri.

cryptocurrency (Pixabat)

Cryptocurrency terbaru milik Facebook, yakni Libra dikabarkan siap untuk diluncurkan dalam beberapa tahun lagi. Hal ini memicu beberapa pihak untuk membangun mata uang digital milik mereka masing-masing.

Salah satu pihak yang dikabarkan tertarik untuk memiliki cryptocurrency adalah Tiongkok. Ya, baru-baru ini beredar kabar jika pemerintah Tionghoa tertarik mengembangkan mata uang digital mereka sendiri. Bahkan, mereka sudah siap untuk meluncurkannya.

Pemerintah negeri yang terkenal sebagai negeri tirai bambu tersebut mengatakan sudah memiliki strategi dua tingkat terhadap peluncuran mata uang crypto mereka. Kabarnya, yang akan menginisiasi mata uang digital tersebut adalah People's Bank of China (PBOC), yang merupakan bank sentral Tiongkok.

PBOC kemudian akan mendistribusikannya ke tujuh lembaga keuangan utama negara. Lembaga-lembaga ini akan memainkan peran sebagai dealer utama dan kemungkinan akan mencakup lima bank teratas.

Tak ketinggalan, mereka juga akan mendistribusikan mata uang crypto ini ke beberapa perusahaan teknologi. Beberapa diantaranya seperti Alibaba dan Tencent, serta asosiasi bank-bank Tiongkok yang dikenal sebagai Union Pay.