TikTok Shop paling banyak digunakan untuk belanja

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 22 Sep 2022 16:50 WIB

TikTok Shop menunjukkan persentase paling tinggi sebagai social commerce yang paling banyak digunakan.

Tren masa kini telah mengubah media sosial menjadi tempat transaksi jual beli, yang istilahnya disebut social commerce. Berdasarkan hasil survei Populix dalam laporan berjudul “The Social Commerce Landscape in Indonesia”, 52% masyarakat di Indonesia telah mengetahui tren ini.

Populix menjelaskan, transaksi jual beli di media sosial menjadi tren karena memberi kemudahan kepada pengguna. Selain dapat menggulir konten, pengguna juga dapat membeli produk yang dipajang tanpa harus keluar dari aplikasi. 

Survei menunjukkan, sebanyak 86% masyarakat Indonesia sudah pernah berbelanja lewat social commerce. Adapun platform-nya beragam mulai dari TikTok Shop (45%), WhatsApp (21%), Facebook Shop (10%), dan Instagram Shop (10%). TikTok Shop menunjukkan persentase paling tinggi sebagai social commerce yang paling banyak digunakan.

TikTok Shop sendiri hadir sebagai fitur berbelanja di aplikasi berbagi video pendek, TikTok. Format ini menawarkan cara berjualan baru, di mana pendekatan ke konsumennya dilakukan melalui konten video atau siaran langsung.