Tiktok jadi startup paling berharga di dunia

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Jumat, 23 Nov 2018 17:31 WIB

ByteDance, startup di belakang TikTok jadi Unicorn paling berharga di dunia saat ini. Valuasi perusahaanya lebih besar daripada Uber.

Valuasi senilai USD75 miliar yang dimiliki ByteDance mengalahkan Uber yang bernilai USD72 miliar. Investor Teknologi kawakan, SoftBank Group sendiri sampai menyuntik USD3 miliar ke ByteDance melalui SoftBank Vision Fund.

ByteDance adalah perusahaan di balik kepopuleran aplikasi TikTok. ByteDance sendiri memiliki beberapa aplikasi selain TikTok, tapi TikTok lah yang membuat mereka besar dengan cepat.

TikTok sebagaimana Anda ketahui, adalah aplikasi merekam video, musik, dan tarian selama 15 detik. Aplikasi ini menjadi aplikasi paling banyak diunduh dalam Apps Store selama semester awal 2018.

Dengan cepat, TikTok mencapai 500 juta pengguna aktif secara global pada akhir Oktober silam. Kebanyakan pengguna merka adalah usia remaja dan 20-an.

100 juta pengguna TikTok sendiri tersebar di AS, Jepang, Korea Selatan, dan Asia Tenggara. Pengguna dan penikmat TikTok, seperti dilanis dari Nikkei Asia (23/11), merasa tidak bisa berhenti menonton video TikTok. Sebagian lagi merasa bahwa video yang ada di dalamnya cocok bagi kepribadian mereka.