Tersangka kebocoran data Denny Siregar ternyata CS Telkomsel

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 10 Jul 2020 20:55 WIB

Kepolisian menangkap tersangka berinisial FPH atas kasus dugaan pencurian data Denny Siregar. FPH merupakan karyawan outsourching bagian customer care GraPARI Telkomsel Jatim.

Source: Pexels

Kasus kebocoran data Denny Siregar kini bergulir di meja hijau. Kepolisian menangkap tersangka berinisial FPH atas kasus dugaan pencurian data pegiat media sosial dan influencer tersebut. FPH sendiri merupakan karyawan outsourching bagian layanan pelanggan (customer care) GraPARI Telkomsel Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Rainhard Hutagaol, mengatakan FPH secara diam-diam mengambil data pribadi Denny di database Telkomsel. Data tersebut kemudian dikirim dan diunggah akun Twitter @Opposite6891.

"Karena data itu ada di sistem, jadi tidak bisa di-copy paste. Sehingga, pelaku meng-capture dan mengirimkan ke akun @Opposite6891 lewat DM (direct message) di Twitter," katanya di Bareskrim Polri, Jakarta, seperti dikutip Alinea.id, Jumat (10/7).

Dia menjelaskan FPH merupakan simpatisan akun @Opposite6897. "Dia juga pernah di-bully oleh seorang penggemar DS, sehingga merasa kesal."

Dalam kasus ini tim penyidik telah menyita sejumlah barang bukti berupa KTP, smartphone, komputer, dan satu unit SIM card Telkomsel milik pelaku.