Ternyata Dell hampir jual PC dengan Mac OS

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 06 Okt 2021 14:28 WIB

Dalam sebuah buku berjudul "Play Nice But Win", diketahui bahwa Steve Jobs pernah menawarkan Dell untuk menjual PC dengan Mac OS.

Sejak didirikan, Apple memang menjadi perusahaan yang benar-benar memproduksi produk sendiri. Berbeda dengan Microsoft yang melisensikan OS-nya ke perusahaan lain, Apple justru memiliki model bisnis tersendiri.

Namun, ternyata Apple sempat berpikir untuk mengubah model bisnis mereka di masa lalu. Mereka disebut hampir saja melisensikan OS mereka ke salah satu perusahaan komputer terbesar saat itu.

Hal ini terungkap melalui sebuah buku yang dirilis minggu ini berjudul "Play Nice But Win". Buku ini merupakan sebuah memoar dari Michael Dell, yang merupakan pendiri dan CEO komputer Dell.

Menurut buku tersebut, Dell berbicara tentang bagaimana salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, pada suatu saat mendekati dia dan perusahaannya dengan sebuah proposal. Jobs menawarkan untuk melisensikan Mac OS ke Dell.

Ubergizmo (6/10) melaporkan, menurut Jobs saat itu, ini akan memberi pelanggan pilihan untuk menginstal perangkat lunak Apple atau perangkat lunak Microsoft di komputer saat mereka membeli PC.