Ternyata Tensor G3 adalah SoC ponsel pertama dengan dukungan encoding 4K 60FPS AV1

Oleh: Erlanmart - Minggu, 25 Feb 2024 07:05 WIB

Chip Google `Tensor G3 generasi saat ini, yang digunakan dalam seri Pixel 8, memiliki fitur tersembunyi, yaitu dukungan untuk codec AV1.

Chip Google `Tensor G3 generasi saat ini, yang digunakan dalam seri Pixel 8, memiliki fitur tersembunyi, yaitu dukungan untuk codec AV1. Ini menandakan sebagai prosesor ponsel pertama yang mampu menangani video AV1. Hebatnya, prosesor tersebut mampu melakukan encoding video dengan resolusi 4K dan 60 frame per detik (FPS).

Sebagai informasi, AV1 adalah standar kompresi video baru yang menjanjikan kualitas dan kompresi lebih baik dibandingkan codec H.264 lama.

Teknologi antusias Mishaal Rahman membagikan cuplikan kode yang mengonfirmasi dukungan AV1 prosesor tersebut hingga resolusi 4K dan 60FPS. Dilansir dari Gizmochina (25/2), hal ini menempatkan Tensor G3 di depan pesaing seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung dalam hal kemampuan encoding khusus ini.

The Tensor G3 is the first smartphone SoC to support hardware-accelerated AV1 encoding. It supports AV1 encoding at up to 4K60. No application (including the Pixel Camera app) takes advantage of this, though, likely due to a lack of platform support.

I know this technically… pic.twitter.com/T2EiSCYLKP — Mishaal Rahman (@MishaalRahman) February 23, 2024

Namun, itu bukan berarti tidak ada kekurangan. Meskipun Tensor G3 mendukung AV1, saat ini tidak ada aplikasi yang banyak digunakan, termasuk aplikasi Pixel Camera milik Google, yang dapat memanfaatkan fitur ini untuk encoding pada 4K 60FPS.