Telkomsel Enterprise ungkap tren Ramadhan dan Lebaran 2023

Oleh: Tek ID - Selasa, 11 April 2023 12:46

Melalui salah satu anak perusahaannya, tSurvey.id, Telkomsel Enterprise mengungkap tren Ramadhan dan Lebaran 2023.

Tak terasa kita sudah memasuki paruh ketiga bulan Ramadhan 2023. Ini berarti, bagi para pelaku usaha sudah mulai waktunya untuk menawarkan jasa dan barang mereka untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Untuk memberikan gambaran terkait masyarakat Indonesia terkait Ramadhan dan Lebaran 2023, Telkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadhan Consumer Behavior Insight 2023.

Survei ini melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk dapat memahami pola perilaku masyarakat selama momen Ramadan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, tSurvey.id menemukan sebanyak 72 persen responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 28 persen responden memilih untuk berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81 persen di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.