Telkomsel catat kenaikan trafik saat Natal dan Tahun Baru

Oleh: Erlanmart - Senin, 04 Jan 2021 13:58 WIB

Selama periode tersebut, trafik layanan data Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekitar 36,61 petabyte.

Mengawali tahun 2021, Telkomsel memperdalam peran sebagai connectivity enabler untuk melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband dan layanan yang dilakukan saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Selama periode tersebut, trafik layanan data Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekitar 36,61 petabyte.

Telkomsel mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Dibandingkan dengan hari biasa tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data dengan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan Natal 2019, Natal 2020 bertumbuh sekitar 45,98%.

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital dari hari biasa, yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4%, layanan streaming video sebesar 9,12%, layanan media sosial sebesar 7,85%, layanan berbasis komunikasi mencapai 6,26%, serta layanan aplikasi yang juga naik sebesar 4,61%.

Sedangkan untuk trafik komunikasi sepanjang periode momen hari raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan trafik komunikasi layanan data (payload) sebesar 13,15% jika dibandingkan dengan rata-rata payload pada hari normal 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte.

Telkomsel menyatakan pencapaian tersebut didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan e-commerce yang mencapai 26,55%, aplikasi berbasis komunikasi hingga 17,58%, lonjakan akses browsing naik sekira 17,31%, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28%, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22%, serta kenaikan aktivitas mobile gaming mencapai 10,79%. Seluruh peningkatan tersebut merupakan perbandingan antara aktivitas pelanggan saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan rata-rata hari biasa sepanjang 2020.