Tek.id raih Juara Nasional Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022

Oleh: Tek ID - Kamis, 08 Des 2022 10:30 WIB

Adapun pemilihan pemenang kompetisi dilakukan berdasarkan kualitas penulisan, kedalaman tulisan, originalitas ide, dan ragam platform publikasi. Tek.id kembali menjadi yang terbaik.

Jakarta, 9 Desember 2022 - Gojek, perusahaan penyedia platform on-demand terdepan di Asia Tenggara, mengumumkan pemenang kompetisi feature dan fotografi jurnalistik dalam ajang Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022.

Di dalam KPAB 2022 , panitia menerima sebanyak 388 karya yang terdiri dari 188 artikel feature dan 200 foto yang dikirimkan (submit) pada periode 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022. KPAB pada 2022 merupakan penyelenggaraan ketiga, dan untuk pertama kalinya Gojek menambahkan kategori lomba fotografi jurnalistik hasil kerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Adapun pemilihan pemenang kompetisi dilakukan berdasarkan kualitas penulisan, kedalaman tulisan, originalitas ide, dan ragam platform publikasi.

Dari karya yang masuk, sebagian besar jurnalis tulis dan foto memilih feature gaya human interest yang menyentuh emosi pembaca dan membangkitkan semangat berusaha, di samping karya-karya dengan gaya biografi atau profil, baik dari sisi mitra driver maupun merchant, serta gaya feature sidebar dan sejarah yang memanfaatkan tema aktual dan histori.

Setelah proses seleksi yang ketat, para dewan juri kategori feature, yakni Ketua Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Arifin Asydhad, novelis dan penulis buku independen Fira Basuki, dan perwakilan Gojek Audrey P. Petriny, memilih tiga pemenang utama dan lima karya favorit juri dari lima kategori wilayah (Nasional-Jabodetabek, Regional Sumatra, Regional Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Regional Jawa Timur dan Bali, dan Regional Indonesia Timur).

Editor