Sukses di 2019, ini strategi Oppo di 2020

Oleh: Lely Maulida - Senin, 09 Des 2019 14:25 WIB

Oppo sukses meningkatkan pangsa pasar mereka di Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini bahkan menempati posisi pertama sebagai vendor terbesar di Indonesia.

(Foto: Tek.id)

Oppo sukses meningkatkan pangsa pasar mereka di Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini bahkan menempati posisi pertama sebagai vendor terbesar di Indonesia dalam laporan yang dirilis oleh IDC dan Canalys. Di kuartal ketiga 2019, kedua perusahaan riset itu menempatkan Oppo di posisi pertama, menyaingi Samsung dan Vivo.

Tak ayal jika Oppo merasa puas dengan pencapaiannya saat ini di Indonesia. "Alhamdulillah sih, dari pertama kali datang kita nggak dianggap sama sekali, diragukan keberadaannya di Indonesia akhirnya bisa membuktikan ke konsumen di Indonesia bahwa kita bisa menunjukkan bahwa kita tidak hanya sekedar menjual smartphone aja, tapi mampu mengambil hati konsumen," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Oppo pun menyadari bahwa mempertahankan pencapaian jauh lebih sulit ketimbang meraihnya. Oleh karena itu, perusahaan pun mempersiapkan strategi untuk mempertahankan posisinya di Indonesia.

Salah satu hal yang dinilai penting bagi Oppo yaitu inovasi. Apalagi untuk smartphone kelas high-end atau flagship, kategori ponsel dimana Oppo mulai memfokuskan diri.

"Meraih itu lebih gampang dari pada mempertahankan... Untuk itu tahun depan harus ada inovasi, mau nggak mau. Karena susah untuk meraih pasar yang seperti ini (flagship) agak susah dibanding pasar biasa misalnya smartphone di 2-3 jutaan. Ini akan lebih susah," ujarnya di sela-sela kampanye Oppo "Unbox Your 2020" di Gandaria City, Jakarta.