Studi : ‘mabar’ PUBG di kantor bisa tingkatkan produktivitas

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 31 Jan 2019 09:08 WIB

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Brigham Young (BYU), karyawan yang main bareng PUBG atau Fortnite dapat meningkatkan produktivitas hingga 20 persen.

Ilustrasi Bermain Game Konsol (Pexels)

Bermain gim bagi sebagian orang sudah seperti melakukan dosa. Mereka menganggap, bermain gim membuat seseorang jadi malas. Prasangkanya orang bermain gim cenderung untuk meninggalkan semua hal.

Premis ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah studi baru dari Universitas Brigham Young (BYU) malah memiliki pendapat lain mengenai bermain gim. Bagi mereka yang suka main bareng alias ‘mabar’ dengan teman sekantor, studi ini bisa jadi pembenaran. Para peneliti mendapati bahwa hanya dengan bermain PUBG atau Fortnite selama 45 menit bersama rekan sekantor, dapat meningkatkan produktivitas hingga 20 persen.

"Melihat lompatan besar ini, terutama untuk jumlah waktu yang mereka mainkan, sedikit mengejutkan," kata rekan penulis dan profesor BYU, Greg Anderson.

"Perusahaan menghabiskan ribuan dan ribuan dolar untuk kegiatan membangun tim, dan kami pikir lebih baik membeli konsol gim,” ujarnya.

Penelitian ini dilakukan dengan merekrut 352 orang dan secara acak mengorganisasikannya ke dalam 80 tim. Peneliti juga memastikan tidak ada peserta yang memiliki kaitan satu dengan lainnya untuk meminimalisir kesalahan.