Studi Lazada tunjukkan kesenjangan digitalisasi bisnis di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 19 Des 2020 22:29 WIB

Lazada Indonesia meluncurkan studi “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce” yang mengungkapkan pentingnya peran eCommerce dalam mendukung sektor bisnis.

Lazada Indonesia meluncurkan studi “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce” yang mengungkapkan pentingnya peran eCommerce dalam mendukung sektor bisnis - baik perusahaan besar maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)- menjalani transformasi digital dan mempercepat terbentuknya struktur ekosistem ekonomi digital yang mumpuni di Indonesia. Didukung oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), studi yang dilaksanakan bekerja sama dengan YCP Solidiance, konsultan manajemen ternama di Asia.

Studi ini mengungkapkan adanya fondasi pertumbuhan (building blocks) yang berbeda antara perusahaan besar dan UMKM untuk bisa bertumbuh secara optimal di ekosistem ekonomi digital di Indonesia. 

Monika Rudijono, CMO Lazada Indonesia mengatakan “Visi Lazada adalah untuk mempercepat kemajuan ekonomi di Asia Tenggara melalui commerce dan teknologi. Oleh sebab itu, melalui studi ini kami ingin lebih memahami perjalanan dan building blocks dari perusahaan besar  dan UMKM dalam transformasi menuju ekonomi digital, serta bagaimana kami sebagai platform eCommerce dapat mendukung kebutuhan tersebut. Dengan dukungan teknologi canggih yang kami miliki, pemberdayaan data, serta solusi logistik yang holistik, Lazada siap jalankan misi dukung pemerintah Indonesia memberdayakan bisnis dan individu dalam menjalankan transformasi digital untuk bisa maju bersama dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.”

Transformasi digital sendiri kini menjadi sebuah proses yang pasti terjadi, termasuk transformasi ekonomi nasional dimana nilai ekonomi digital Indonesia pada 2025 diperkirakan mencapai USD124 miliar. Sektor eCommerce menjadi sektor penopang terbesar pertumbuhan ekonomi digital tersebut, dengan perkiraan nilai sebesar USD83 miliar pada tahun 2025. Dengan demikian, peran eCommerce di era pandemi Covid-19 juga semakin penting, terutama dalam membantu pemulihan ekonomi nasional pada umumnya, dan mendukung kelangsungan usaha UMKM pada khususnya. 

“Transformasi digital berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai fondasi perekonomian yang kuat dan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia. Salah satu prasyarat terpenting untuk mencapai transformasi digital selain infrastruktur adalah pola pikir yang terbuka terhadap kolaborasi. Diperlukan sinergi dari berbagai pemangku kepentingan untuk mengurangi digital gap dalam masyarakat, pelaku usaha, juga instansi pemerintah," kata Mira Tayyiba, S.T., MSEE, Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.