Standar USB Type-C baru dukung daya hingga 240 Watt

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 27 Mei 2021 12:23 WIB

USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja mengumumkan USB Type-C 2.1 yang dapat suplai daya hingga 240 Watt.

Credit : Pixabay

Saat ini, perangkat pengisian daya melalui kabel dengan kepala USB Type-C memang sudah lumrah terlihat. Beberapa smartphone dan laptop pun dikabarkan sudah dapat mengirimkan daya hingga 100 Watt melalui konektor tersebut.

Namun, seiring perkembangan teknologi, para peneliti pun terus meningkatkan kemampuan dari konektor tersebut. CNET (27/5) mengabarkan, saat ini grup USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja mengumumkan peningkatan untuk tipe konektor tersebut.

Dalam pembaruan versi 2.1, USB Type-C saat ini dapat menghantarkan daya hingga 240 Watt. Ini merupakan peningkatan 2,4 kali jika dibandingkan dengan kecepatan saat ini yang hanya ada di 100 Watt saja.

Mereka menyebut opsi 240W ini sebagai "Extended Power Range," atau EPR. Ini secara efektif merupakan perubahan pada spesifikasi "USB-PD" yang mungkin telah hadir di teknologi pengisian daya cepat saat ini.

Yang menarik, konektor ini akan dapat dikonfigurasi hingga 5 Ampere dengan tegangan maksimal di 50 Volt. Seperti diketahui, sebelumnya konektor ini hanya dapat memiliki tegangan 20 Volt saja.