SpaceX uji coba Starlink pakai WiFi 2,5GHz dan 5 GHz standar

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 15 Jul 2020 15:20 WIB

SpaceX dikabarkan menggunakan router yang dibuat oleh Taiwan Wistron NeWeb Corporation dan akan menggunakan jaringan WiFi standar.

SpaceX dikabarkan akan segera melakukan uji coba perdana terhadap jaringan internet luar angkasa mereka, Starlink dalam waktu dekat ini. Ini merupakan sebuah langkah besar bagi mereka, yang akan menentukan apakah metode ini bisa diadaptasi secara global atau tidak.

Dalam sebuah laporan terbaru, mereka akan menggunakan router yang disediakan oleh Taiwan Wistron NeWeb Corporation. Wistron adalah salah satu dari beberapa pabrikan kontrak yang beroperasi di luar pulau dan menyediakan perakitan dan fasilitas lainnya untuk raksasa teknologi terkenal Amerika seperti Apple Inc. 

Jika kalian berpikir kalau router yang akan digunakan oleh SpaceX untuk starlink adalah modem biasa, kalian keliru. Router Starlink SpaceX akan berbentuk segitiga, dan jika dilihat dari dasar, ketinggian segitiga ini memiliki ukuran 72,5mm dan panjang dasar 38,5mm. 

Wccftech (15/7) melaporkan, untuk spesifikasi teknis dari unit uji teknik (ETU) yang akan digunakan SpaceX untuk pengujian ke FCC, mereka akan menggunakan router yang akan dapat mendukung Wifi 802.11b, 8.2.11a / g, 802.11n dan 802.11ac - dengan 802.11ac.

Router ini memiliki kecepatan transfer data tertinggi di 866,7 Mbps. Selain itu, router ini akan beroperasi pada spektrum frekuensi 2.4GHz dan 5GHz ,dan dua antena papan sirkuit cetak (PCB).