Sony Mobile dirumorkan hengkang dari Asia Tenggara

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 20 Jan 2019 10:27 WIB

Sony tampaknya melihat pasar Asia Tenggara kini sudah dikuasai oleh vendor besar seperti Samsung dan vendor OEM China seperti Xiaomi dan lainnya.

Sony

Sebuah rumor terbaru menyebutkan bahwa Sony Mobile berencana untuk mundur dari industri smartphone di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan, pasar Asia Tenggara sudah dikuasai oleh beberapa vendor besar seperti SamsungXiaomi dan beberapa merek lainnya.

Oleh karenanya, Sony Mobile dikabarkan hanya fokus di beberapa negara besar saja, seperti Amerika, China, dan India.

Meski memutuskan untuk keluar dari pasar Asia Tenggara, namun Ubergizmo (20/1/2019) menyebut bahwa mereka akan bertahan di satu negara, yakni di Malaysia. Sebuah laporan bahkan mengklaim bahwa Sony akan meluncurkan smartphone baru dalam waktu dekat ini.

Namun sayang, berita tersebut masih diragukan kebenarannya. Menurut SIRIM (semacam FCC versi Malaysia), belum ada smartphone Sony yang terdaftar sejak Juli 2018. Perangkat terakhir yang terdaftar adalah Sony Xperia XZ2 Premium, yang masih dipromosikan oleh Sony. 

Hal ini cukup aneh mengingat Xperia XZ3 telah diumumkan di IFA 2018 tahun lalu. Tapi, perangkat ini malah tidak dijual oleh Sony.