Sony luncurkan mirrorless Alpha 7R V dengan AF canggih

Oleh: Erlanmart - Kamis, 27 Okt 2022 15:05 WIB

Sony baru saja meluncurkan kamera mirrorless terbaru mereka, yaitu Alpha 7R V. Resolusi kamera ini adalah 61 MP ditambah dengan prosesor tipe baru.

Sony baru saja mengumumkan kehadiran kamera full-frame Alpha 7R V (A7R V) yang dilengkapi dengan sistem fokus AI baru, yang disebut Real Time Recognition. Fitur ini merupakan sistem deep learning yang tidak hanya dapat mendeteksi manusia tetapi juga burung, hewan, kereta api, mobil, dan serangga.

Mirrorless full-frame terbaru Sony ini memiliki sensor CMOS Exmor R backside-illuminated beresolusi 61 MP yang sama seperti A7R IV tetapi menggunakan prosesor Bionz XR yang lebih baru. Dilansir dari PetaPixel (27/10), prosesor baru ini dapat menampilkan lebih banyak detail dan warna alami. Sony mengatakan bahwa berkat prosesor terbarunya, performa auto exposure dari prosesor ini 20% lebih andal daripada model sebelumnya.

Prosesor baru ini juga memberikan A7R V hingga 8 stop kompensasi dan dapat menangkap 10 fps burst hingga 583 file RAW terkompresi, 547 file RAW tidak terkompresi, atau lebih dari 1.000 JPG. Kamera itu juga dapat memotret gambar dalam format JPG dan HEIF, dan memiliki tiga ukuran RAW yang dapat dipilih: 61 MP, 26 MP, dan 15 MP.

Kompensasi 8-stop yang baru dicapai melalui sistem stabilisasi gambar IBIS 5 arah dan bekerja bersama dengan giroskop onboard untuk meningkatkan komunikasi antara lensa dan bodi. Prosesor terbarunya juga memungkinkan kamera untuk mengambil gambar dari ISO 100 hingga 32.000, dapat diperluas hingga ISO 102.400 untuk foto. A7R V kini memiliki dynamic range 15 stop.

Kamera itu menawarkan slot Cfexpress Type A ganda. Dalam hal electronic viewfinder (EVF), ini diperkuat dengan resolusi 98,44 juta dot dan memiliki Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth. Port USB-C mendukung pengisian cepat. Sony mengatakan bahwa bodi A7R V memiliki ketahanan terhadap debu dan kelembaban.