SmartSens umumkan sensor 50 MP dengan piksel 0,7 μm, punya teknologi Summing

Oleh: Erlanmart - Jumat, 02 Feb 2024 08:41 WIB

Perusahaan asal Tiongkok SmartSens baru saja mengumumkan peluncuran sensor gambar mobile terbarunya, SC5000CS.

SmartSens, didirikan pada tahun 2017 dan berkantor pusat di Shanghai, adalah pengembang terkemuka sensor gambar CMOS berkinerja tinggi. Perusahaan ini merancang dan memproduksi chip untuk berbagai aplikasi, termasuk pengawasan, machine vision, otomotif, dan kamera ponsel pintar.

SmartSens menawarkan beragam portofolio sensor, termasuk opsi kecepatan tinggi untuk keperluan industri dan sensor 5MP untuk kamera keamanan analog. Mereka secara konsisten memegang pangsa pasar teratas dalam industri sensor keamanan dan pengawasan selama lima tahun berturut-turut. Meskipun SmartSens unggul dalam berbagai aplikasi sensor, sensor ponsel cerdas mereka mendapatkan daya tarik yang signifikan dalam industri seluler.

Dilansir dari Gizmochina (2/2), perusahaan tersebut baru saja mengumumkan peluncuran sensor gambar mobile terbarunya, SC5000CS. Sensor back-illuminated baru ini menawarkan resolusi 50 megapiksel, ukuran 1/2,5 inci, dan ukuran piksel 0,702 μm, sehingga ideal untuk digunakan pada ponsel pintar kelas atas.

SC5000CS dilengkapi dengan teknologi SFCPixel-SL milik SmartSens, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah dan dynamic range. Teknologi ini menggunakan desain penguatan konversi ganda tingkat piksel untuk mengurangi read noise (RN) dan fixed pattern noise (FPN). Menurut SmartSens, SC5000CS memiliki RN dan FPN masing-masing serendah 1,0e- dan 0,2e-, yang secara signifikan meningkat dibandingkan sensor generasi sebelumnya.

Selain performa cahaya rendahnya, SC5000CS juga mendukung dual exposure non-overlapping HDR, dan mode HDR line-interleaved. Hal ini memungkinkan sensor menangkap gambar dengan dynamic range yang lebih luas, yang penting untuk mengambil foto berkualitas tinggi dalam kondisi pencahayaan yang menantang.