Serba-serbi Elon Musk di KTT G20 Bali

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 14 Nov 2022 16:40 WIB

Bukan Musk kalau tidak menarik perhatian, penampilan pertamanya secara virtual di forum B20 Summit berlatar gelap karena mati listrik.

CEO Tesla Elon Musk menjadi salah satu pembicara di rangkaian B20 Summit, yang merupakan bagian dari KTT G20. Sayangnya, pembicara yang sangat ditunggu-tunggu itu batal mendarat di Indonesia dan menghadiri acara secara virtual.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan persiapan KTT, mengatakan Musk tidak dapat hadir karena sedang mempersiapkan kasus pengadilan akhir pekan ini.

Selama mengisi forum, Musk menyampaikan banyak hal meliputi bisnis dan dirinya sendiri melalui layanan konferensi video. Bukan Musk kalau tidak menarik perhatian, penampilan pertamanya saja sudah tidak biasa.

Mati listrik sebelum acara

CEO baru Twitter itu muncul di ruangan gelap, sambil mengatakan pemadaman listrik terjadi di tempatnya sebelum dia terhubung. Penampilan pertama Musk mengundang gelak tawa hadirin di dalam ruangan.

Wajahnya, diproyeksikan pada layar besar di atas aula, tampak bersinar merah karena cahaya lilin. Musk mengatakan wajahnya tampak "sangat aneh."