Serangan ransomware pada UKM di Indonesia menurun tahun ini

Oleh: Hieronimus Patardo - Senin, 01 Jun 2020 14:26 WIB

Kaspersky mencatat serangan ransomware di kawasan Asia Tengggara, khususnya Indonesia sudah menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kaspersky mendapati adanya penurunan serangan ransomware. Hal ini terjadi lantaran solusi Kaspersky diklaim berhasil menggagalkan serangan ransomware pada tiga bulan pertama di tahun 2020. 

Kaspersky mengklaim bahwa pihaknya berhasil menggagalkan 269.904 serangan untuk bisnis dengan total 20-250 karyawan di kawasan Asia Tenggara. informasi ini diterima berdasarkan putusan direksi produk Kaspersky oleh para pengguna yang menyetujui untuk menyediakan data statistik. 

Untuk diketahui, serangan ransomware Wannacry sempat meraih perhatian publik karena mendatangkan malapetaka pada ribuan sistem TI di seluruh dunia. Kaspersky mencatat bahwa ancaman ini masih banyak dijumpai hingga saat ini khususnya terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Asia Tenggara. 

Ransomware merupakan jenis serangan siber yang dirancang untuk menyadap uang baik dari individu maupun perusahaan. Seringkali, pelaku serangan ransomware akan memanfaatkan malware ini untuk meminta bayaran agar mau mengembalikan perubahan yang telah dilakukan Trojan ke komputer korban. 

Adapun perubahan itu mencakup enkripsi data yang disimpan di hard drive pengguna. Hal ini membuat pengguna tidak dapat lagi mengakses data di komputernya. Pelaku juga dapat memblokir akses normal korban ke sistem komputernya.