Selamat ulang tahun ke-10, Android!

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 24 Sep 2018 12:11 WIB

Dimulai dari T-Mobile G1 yang menjalankan sistem operasi Android 1.0, kini Android berhasil menguasai pangsa pasar sistem operasi secara global.

Android Ulang Tahun (Phone Arena)

Tak dapat dipungkiri jika saat ini, sistem operasi Android merupakan sistem operasi mobile paling populer di seluruh dunia. Saat ini, diketahui jika 76,82 persen perangkat mobile di dunia menjalankan sistem operasi besutan Google tersebut.

Namun, siapa sangka kiprah sistem operasi tersebut baru saja mencapai umur 10 tahun. Ya, tepat pada 23 September kemarin, para pecinta teknologi merayakan ulang tahunnya di seluruh dunia.

Sejarah Android dimulai pada 23 September 2008. Google menggandeng T-Mobile untuk meluncurkan smartphone berbasis Android 1.0 yang bernama G1.

Banyak orang yang mengira pada saat itu jika perangkat yang menjalankan sistem operasi Android akan membludak. Hal ini dikarenakan pada saat itu, penggunaan sistem operasi lain seperti Symbian OS milik Nokia dan BlackBerry OS milik BlackBerry masih meraja lela.

Beberapa pihak juga menyatakan bahwa sistem operasi Android pada awalnya terasa ‘kasar’. Saking kasarnya, Android kala itu tidak bisa memutar video di luar YouTube, padahal mereka masih ada di bawah naungan perusahaan yang sama.