Samsung produksi chip 3nm untuk Nvidia, Qualcomm, IBM, & Baidu

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 25 Nov 2022 09:44 WIB

Nvidia, Qualcomm, IBM, dan Baidu akan menggunakan proses manufaktur Samsung, sehingga memungkinkan Samsung untuk memenangkan persaingan dengan TSMC.

Source: TechSpot

Samsung dipilih sebagai mitra manufaktur oleh empat perusahaan teknologi terbesar, Nvidia, Qualcomm, IBM, dan Baidu. Keempat perusahaan tersebut akan menggunakan proses manufaktur Samsung, sehingga memungkinkan Samsung untuk memenangkan persaingan dengan TSMC.

Samsung akan menggunakan node 3nm yang baru-baru ini diluncurkan untuk menyediakan pasokan chip dalam jumlah besar mulai awal 2024. Dilansir dari TechSpot (25/11), Nvidia akan menggunakan manufaktur 3nm untuk membuat GPU, IBM untuk membuat CPU, Qualcomm untuk Arm chip smartphone, sedangkan Baidu untuk pusat data cloud-nya.

Teknologi manufaktur terbaru Samsung ini dikatakan membawa peningkatan substansial untuk efisiensi daya sebesat 45% dan kinerja chip 23% dibandingkan dengan proses manufaktur 5nm generasi sebelumnya.

Samsung sendiri merupakan perusahaan manufaktur chip terbesar kedua setelah TSMC, yang kira-kira memiliki pangsa pasar tiga kali lipat dari Samsung. TSMC memperluas jangkauan manufakturnya di luar Taiwan dengan mendirikan pabrik baru di AS. 

Sementara itu, Samsung sudah memiliki pendekatan bisnis internasional, karena pabriknya juga tersebar di luar Korea Selatan (Giheung, Hwaseong, Pyeongtaek), yaitu AS (Austin, Taylor) dan Tiongkok (Xian).