Samsung sudah mulai kembangkan RAM DDR6

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 21 Nov 2021 09:40 WIB

Dalam sebuah bocoran terbaru, Samsung saat ini sudah mulai mengembangkan RAM penerus DDR5, yakni DDR6.

Samsung dikabarkan sedang mempersiapkan jajaran RAM generasi terbaru untuk komputer generasi selanjutnya. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini bukan menyiapkan RAM DDR5, melainkan RAM generasi baru lainnya.

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui bahwa Samsung saat ini sedang mempersiapkan jajaran RAM DDR6. Ya, ini merupakan salah satu standar baru untuk jajaran komputer generasi selanjutnya.

Wccftech (21/11) melaporkan, Samsung diperkirakan masih dalam tahap awal dalam melakukan pengembangan. Mereka diharapkan baru akan memperkenalkan RAM ini paling cepat 2025 mendatang.

Di sisi performa, DDR6 disebut akan memiliki performa yang lebih tinggi dari DDR5. Jika DDR5 memiliki performa dua kali dari DDR5 dan empat kali dari DDR4. Jadi, jika DDR5 memiliki kecepatan JEDEC 12.800 Mbps, maka DDR6 dapat mencapai 20.000 Mbps atau lebih.

Samsung juga mengungkapkan rencananya untuk menawarkan standar GDDR6+ yang lebih cepat yang akan menggantikan chip GDDR6 yang ada. Saat ini, Micron adalah satu-satunya yang memiliki desain untuk memori grafis 21 Gbps+ yang siap dengan standar GDDR6X-nya.

Tag