Ingin perkuat talenta AI, Samsung Innovation Campus batch 5 fokus di bidang AI

Oleh: Tek ID - Kamis, 01 Feb 2024 12:31 WIB

Untuk memperkuat talenta di bidang AI, Samsung Innovation Campus (SIC) bathc 5 akan lebih fokus lagi dalam pembelajaran di bidang AI.

AI saat ini menjadi salah satu bidang dengan peminat yang cukup tinggi di Indonesia Faktanya, 75 persen orang Indonesia sangat antusias terhadap pemanfaatan produk dan layanan berbasis AI karena dianggap dapat mempercepat tugas dan pekerjaan. 

Bukan hanya itu saja, namun AI juga diprediksi akan memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB. Laporan terbaru menyatakan bahwa kontribusi AI terhadap PDB akan mencapai USD366 miliar pada tahun 2030.

Sayang, talenta digital Indonesia yang mahir di bidang AI saat ini masih sangat minim. Bahkan, kekurangan talenta digital yang mahir AI ini melengkapi kekurangan 9 juta talenta digital yang mahir di bidang informasi, komunikasi, dan teknologi (TIK), hingga 2030. Setidaknya Indonesia membutuhkan lahirnya 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya.

Di Indonesia, tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital tingkat lanjutan, baru 1% dari total angkatan kerja. Sebanyak 50% dari angkatan kerja nasional baru memiliki keterampilan digital tingkat dasar dan menengah. Di sisi lain, 60% guru ternyata memiliki keterbatasan kemampuan dalam bidang TIK, yang membuat proses belajar mengajar menjadi sulit berkembang.

Untuk mendorong terciptanya sumber daya manusia yang memiliki keterampilan digital, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Diharapkan, pendidikan vokasi di Tanah Air dapat meningkatkan daya saing lulusannya di lapangan kerja, dan memastikan kualitas dan kompetensi generasi muda di pasar tenaga kerja domestik dan/atau internasional.

Tag
Editor