Samsung akan rilis teknologi komunikasi satelit lebih canggih dari Apple

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 25 Feb 2023 14:48 WIB

Samsung berniat untuk melampaui Apple dengan pesan lengkap dan kemampuan media melalui konektivitas satelit.

Fitur "Emergency SOS via Satellite" yang diimplementasikan oleh Apple dengan seri iPhone 14 semakin populer. Hampir setiap hari, kita mendengar tentang kehidupan seseorang yang diselamatkan berkat fitur ini. Ini membawa pengguna lebih dekat untuk memilih iPhone ketika saatnya membeli ponsel baru.

Produsen ponsel lainnya, yang tidak ingin kehilangan penggunanya, juga menggabungkan fitur ini. Misalnya, Huawei belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan fitur Emergency SOS pada ponsel barunya. Sekarang, Samsung telah mengambil langkah serupa di kubu Android.

Dilansir dari Gizmochina (25/2), Samsung telah mengumumkan masuknya ke dalam arena konektivitas satelit untuk ponsel, mengikuti kepemimpinan Apple seri iPhone 14. Namun, perusahaan Korea Selatan itu melampaui Apple, karena memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan lengkap, gambar, dan bahkan video melalui satelit.

Teknologi tersebut menggunakan 5G NTN (non-terrestrial networks) untuk berkomunikasi, mengirim data dari ponsel ke satelit sebelum mengirimkannya kembali ke stasiun darat untuk ditransfer ke penerima atau layanan darurat yang dituju.

Modem Samsung Exynos 5300, modem yang sama yang digunakan dalam Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, menyediakan teknologi untuk dukungan konektivitas satelit. Samsung telah mengembangkan dan mensimulasikan teknologi satelit berbasis standar 5G NTN pada modem ini, memberikan bukti konsep. Namun, fungsi ini tidak akan tersedia di ponsel Google saat ini, karena Samsung bermaksud untuk memasukkannya ke dalam versi modem Exynos mendatang.