Samsung akan dirikan pabrik chip canggih bernilai Rp238 triliun

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 06 Feb 2021 08:03 WIB

Mereka akan memulai pekerjaan konstruksi di lokasi tersebut pada pertengahan tahun dan pabrik akan mulai beroperasi pada kuartal ke-3 tahun 2023.

Salah satu raksasa teknologi Samsung Electronics dilaporkan sedang mempertimbangkan pendirian pabrik chipset terbaru senilai USD17 miliar (Rp238,2 triliun) di Austin, Texas. Fasilitas terbaru mentadang ini disebut-sebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan hingga 1.800 orang.

Berita ini hadir berdasarkan dokumen yang diajukan ke otoritas negara bagian Texas. Dengan proposal ini, Samsung mencari keringanan pajak gabungan sebesar USD805,5 juta (Rp11,3 triliun) yang tersebar selama 20 tahun dari Travis Country dan kota Austin.

Samsung mengatakan dalam pengajuannya bahwa jika Austin dipilih, mereka akan memulai pekerjaan konstruksi di lokasi tersebut pada pertengahan tahun dan pabrik akan mulai beroperasi pada kuartal ke-3 tahun 2023. Perusahaan tersebut mengatakan proyek ini sangat kompetitif, dan mereka sedang mencari lokasi alternatif di AS dan Korea Selatan.

Dilansir dari Gizmochina (6/2), Samsung selanjutnya menyatakan akan mempertimbangkan akses ke bakat, ekosistem chip, dan kecepatan ke pasar dalam evaluasinya di berbagai situs.

Bisnis semikonduktor Samsung adalah pemasok chip ke beberapa industri besar seperti Tesla, Qualcomm, dan Nvidia. Pengajuan itu menunjukkan bahwa pabrik pembuatan chip baru tersebut akan memproduksi “perangkat logika canggih”, yang berarti akan menghasilkan jenis chip komputasi terkecil dan tercepat.