Sambut era AI, Microsoft bantu pekerja ubah gaya bekerja

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 23 Mei 2023 15:56 WIB

Dengan menyematkan AI ke dalam Office Suite mereka melalui Microsoft 365 Copilot, Microsoft ingin bantu ubah gaya bekerja para pekerja.

Teknologi AI saat ini sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Oleh karena itu, untuk membantu pekerja lebih produktif, Microsoft memperkenalkan Microsoft 365 Copilot dimana menggabungkan AI dengan jajaran produk office suite mereka untuk mengubah gaya bekerja mereka..

Untuk mengenalkan lebih dalam produk tersebut, Microsoft menggandeng Forum Wartawan Teknologi (FORWAT) pada Selasa (23/5). Dalam acara ini, mereka mendemokan kecanggihan produk terbaru sembari membagikan berbagai data yang menarik.

Salah satu data yang diungkap oleh Microsoft adalah sebuah insights baru di Indonesia, berdasarkan laporan Work Trend Index 2023: “Will AI Fix Work?”. Riset ini dilakukan kepada 31.000 orang dari berbagai industri di 31 negara, termasuk Indonesia.

Yang unik, riset ini dilakukan tidak langsung kepada manusia, melainkan langsung ke akun Microsoft 365 yang kemudian memberikan data yang lebih akurat. Data tersebut menunjukkan bahwa kecepatan kerja telah meningkat lebih cepat dari apa yang dapat diimbangi manusia, dan situasi ini memengaruhi inovasi. 

Namun, AI generasi berikutnya akan mengangkat beban pekerjaan. Organisasi yang mengambil langkah awal dalam pemanfaatan AI pun akan memutus siklus ini — meningkatkan kreativitas dan produktivitas untuk semua orang.