Sah! Intel luncurkan jajaran prosesor 13th Gen “Raptor Lake”

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 28 Sep 2022 00:37 WIB

Setelah lebih dari setahun pasca peluncuran prosesor 12th Gen “Alder Lake”, Intel resmi luncurkan prosesor 13th Gen “Raptor Lake”.

Selain meluncurkan jajaran GPU Arch A700 series, Intel juga pada akhirnya meluncurkan jajaran prosesor penerus Alder Lake, yang disebut sebagai Raptor Lake. Ini merupakan generasi ke-13 dari jajaran prosesor Intel Core.

Ada beberapa hal menarik yang diungkapkan oleh CEO Intel, Patrick P. Gelsinger dalam peluncuran jajaran prosesor Raptor Lake. Pada acara Intel Innovation Day hari pertama, dia mengatakan prosesor ini memiliki peningkatan yang signifikan.

Salah satu SKU yang diperkenalkan oleh Pat adalah Intel Core i9-13900K yang merupakan prosesor terkencang Intel saat ini. Prosesor ini memiliki peningkatan 15 persen IPC dan memiliki peningkatan performa multi-core hingga 41 persen dari pendahulunya.

Yang paling menarik adalah CPU yang satu ini akan memiliki kecepatan hingga 5,8GHz out of the box. Namun, pastinya pengguna harus memiliki pendingin yang mumpuni untuk menjinakkan prosesor ini.

Jika merasa kurang, Pat juga mengatakan bahwa tahun depan, mereka akan meluncurkan sebuah CPU yang tidak masuk akal. Soalnya, mereka akan meluncurkan sebuah prosesor yang pertama kali dapat menembus 6GHz out of the box.