Mengenal lebih dekat robot AGV yang dipakai pabrik JD.com

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 19 Agst 2021 18:25 WIB

Automated Ground Vehicles (AGV) adalah robot pintar yang digunakan warehouse fully-automatic terbesar milik JD.com di Beijing, Tiongkok.

Tingginya minat terhadap belanja online telah mendorong ecommerce untuk terus meningkatkan kemampuan logistiknya agar dapat lebih maksimal dalam menjangkau dan melayani kustomer. Hal yang sama dialami oleh JD.com, parent company dari JD.ID sekaligus salah satu ecommerce terbesar di Asia.

Berawal dari penjual mesin CD-burning di Beijing, China pada 1998, Richard Liu berhasil mendirikan JD.com hingga menjadi perusahaan berbasis internet Tiongkok pertama yang terdaftar dalam Global Fortune. Berdasarkan laporan dari Senior Manager of Global Corporate Affairs JD.com Yuchuan Wang, total pendapatan JD.com per 2020 mencapai USD114.3 miliar dengan kustomer aktif tahunan sebanyak 500 juta.

Pertumbuhan perusahaan yang merujuk ke arah positif ini tidak lepas dari teknologi yang dihadirkan para insinyur di JDX, pusat inovasi logistik JD.com. JDX merupakan divisi atau tempat para insinyur JD.com meneliti dan mengembangkan robot logistik pintar, termasuk AGV.

AGV atau Automated Ground Vehicles merupakan salah satu robot pintar yang berperan penting di pusat logistik JD.com di Beijing. Robot ini berfungsi untuk memindahkan tumpukan rak berisi produk ke area working station untuk proses selanjutnya oleh pekerja manusia. AGV secara efektif menghemat waktu proses logistik, di mana dapat memenuhi 250 pesanan dalam satu jam, yang mana 3x lebih efisien daripada pemindahan manual.

Kemampuan dan cara kerja AGV