Ricoh punya lensa baru untuk APS-C dan full-frame

Oleh: Erlanmart - Jumat, 01 Feb 2019 16:21 WIB

Kedua lensa tersebut adalah Pentax HD Pentax DA* 11-18mm f/2.8 ED DC AW dan Pentax HD Pentax-FA 35mm f/2.

Source: DP Review

Ricoh baru saja mengumumkan dua lensa terbarunya untuk kamera DSLR Pentax dengan mount K. Dilansir dari PetaPixel (31/1), kedua lensa tersebut adalah Pentax HD Pentax DA* 11-18mm f/2.8 ED DC AW dan Pentax HD Pentax-FA 35mm f/2.

"Lensa Pentax 11-18mm f/2.8 masuk ke dalam seri Star (*) untuk sensor tipe APS-C yang dirancang untuk tetap relevan dalam era kamera digital berperforma tinggi untuk masa mendatang. Lensa ini menghadirkan gambar beresolusi tinggi dan berkontras tinggi tanpa gangguan blur di pinggirannya, dan memungkinkan performa tinggi meski pada aperture paling lebar,” kata Ricoh.

Focal length 11-18mm setara dengan lensa 17-27,5mm pada kamera full-frame 35mm. Lensa ini juga menjanjikan hasil yang sangat baik ketika memotret outdoor dan pemandangan luas. Fitur lensa ini menyertakan lapisan HD berkualitas tinggi yang meminimalisir gangguan flaring dan ghosting. Karena diperuntukkan khusus outdoor, bodi lensa ini diklaim tahan terhadap cuaca dan debu.

Tidak ketinggalan pula Focus Clamp Mechanism yang mengunci titik focal meski ring fokus diputar, lensa ini juga diinformasikan anti kondensasi. Lensa yang dilengkapi 9 bilah aperture, 16 elemen dalam 11 kelompok ini berbobot 704 gram.

Sedangkan Pentax HD Pentax FA 35mm f/2 merupakan lensa bersudut lebar khusus full-frame yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Pada kamera APS-C, lensa ini setara dengan focal length 53,5mm. Di dalam lensa ini menyertakan 6 elemen dalam 5 kelompok, pelapis multi-layer yang berguna untuk mengurangi flaring dan ghosting, anti noda, aperture 6 bilah dan bobot 193 gram.

Tag